Minggu, 08 Februari 2009

how to be strong!!!

Pernah gak sih, ngerasa jadi orang paling gak berguna sedunia?? Gak perlu dijawab deh… Banyak juga loh orang yang ngerasain hal ini…
Kadang hidup itu ada pasang surutnya juga lho guys. Bener juga kata-kata “Hidup itu kayak roda”, kadang di atas,kadang di bawah. Nah, kalo lagi pas di bawah nih yang paling berat. Bahkan bisa mempengaruhi jalan hidup kita. Saat kita sedang benar-benar jatuh dan terpuruk, kita akan ngerasa sangat bodoh dan gak berguna. Yang ada di benak kita cuma nyalahin diri sendiri, kenapa sih kita bisa jatuh kayak gitu.
Tau gak kalo hidup itu punya dua sisi yang gak bisa dipisahkan. Sama kayak dua sisi mata uang. Ada angka dan gambar. Ada baik dan buruk, ada beruntung dan sial. Kalo kita jatuh pada sisi yang buruk, saat itulah kita terpuruk. Hari-hari serasa kelabu. Pelajaran gak ada yang masuk di kepala. Bahkan kita bisa mendadak berubah sensitive dan marah-marah sama orang-orang sekitar. Nah, ini nih yang bahaya. Kita yang punya masalah, tapi orang lain yang kena imbasnya. Pokoknya kita bakal ngalami yang namanya ‘Bad Day’.

Introspeksi dunks…
Buat ngatasi itu semua, sebenernya kembali ke dalam diri kita. Ada kalanya kita perlu me-review apa yang terjadi sama kita dan mengevaluasinya lagi. Finally, jurus terjitunya cuma curhat dan berbagi. Jangan segan buat cerita ke orang yang paling kamu percayai. Sesungguhnya mereka seneng lho dianggap berguna sama kamu. Jangan pernah berfikir kalo kamu gak berguna. Manusia di ciptakan untuk saling berinteraksi dan berguna satu sama lain.
Coba deh kamu tulis semua kelebihan yang kamu punya tanpa harus ngeliat kekurangan kamu. Narsis dikit boleh lah… Simpan catatan itu di mana pun kamu suka. Kamu bisa buka lagi catatan itu ketika kamu membutuhkan semangat. Mereka cukup berguna juga lho…Ayo buktiin kalo dunia butuh kamu!!

Selesaikan Masalahmu!!!
Jangan biarin pikiran kalo hari itu Bad day buat kamu. Itu cuma bawaan hati kamu aja. Kalo punya masalah, keluarin deh masalah itu. Keluarin sampe kamu nangis kalo perlu teriak sambil bilang “Kok aku bodoh banget sih…??!!”. Setidaknya kata-kata jelek yang baru aja menguasai pikiran kamu itu di keluarkan dan biarin semuanya pergi. Setelah tenang, tata kembali pikiranmu. Janji pada diri sendiri untuk segera menyelesaikan masalah itu. Sayang kan, kalo hari-hari kamu diisi sama Bad Day terus tiap hari. Kalo kamu ngerasa gak sanggup, gak salah juga kalo kamu libatkan seseorang buat bantuin nyelesaiin masalah kamu.
Selanjutnya, jalani hari-hari kamu kayak dulu lagi. Bikin sesuatu yang berguna lagi dengan pikiran tenang. Kamu harus bersyukur, mungkin aja ada orang yang lebih kurang beruntung dari kamu malah mereka gak sadar. Mereka gak sadar kalo mungkin hari-hari mereka gak berguna. Yakinkan pada diri kamu kalo kamu berhak dapet hari-hari yang lebih baik dari hari ini dan hari kemarin.

Bad Day…? No way…!!
Kembalikan mood-mu kayak kemarin saat sebelum masalah menguasai kamu. Setelah bangun tidur (baiknya bangun pagi-pagi ya…!), jangan lupa tarik napas panjang dan sempatkan buat bersyukur sama Tuhan karena kamu masih di kasih kesempatan ngerasain hari ini. Kamu bisa belajar pagi sambil ndengerin lagu yang iramanya semangat dan kalo bisa kata-katanya membangkitkan semangatmu. Biasakan menyapa seseorang yang kamu kenal saat perjalanan ke sekolah dengan ramah. Tebarkan senyum ke semua orang (tapi jangan berlebihan loh, ntar disangkain gila hi…hi…). Kalo kita mengawali hari dengan bawaan hati senang, pasti sampe siang nanti pun hati kita bakalan happy terus. Apalagi kalo udah ketemu si doi. Hmm… pasti bikin hari kamu makin semangat…

Happy… Happy… and Happy…
Kunci utama buat jadi orang yang bahagia adalah ikhlas dan bersyukur. Kalo kita udah bisa menerima segala sesuatu dengan ikhlas dan bersyukur sama apa yang udah kita terima, maka kita pasti bakal yakin dan enjoy lagi ngejalanin hidup. Dan jangan tegang yah. Nyantai aja lagi… hidup itu indah bro…!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar